Tips Perawatan VESPA ~ sebenarnya merawat vespa itu tidaklah sulit. asalkan rajin dan tidak bosan untuk merawatnya. Kalau kata orang orang vespa itu udah tua musti sering sering dielus dan diperhatiin. Kalo tidak nanti dia ngambek. Entah tidak mau hidup, mesin berebet, gak ada larinya, busi cepat rusak, dan lain lain.
Saya ingin membagi sedikit saja pengetahuan apabila ada yang salah mohon dikomentari agar saya tau mana yang bener, dan saya minta maaf kalo saya salah.
PERAWATAN VESPA
Kalo siBAHENOL sukar hidup (ngeberebet), biasanya adanya
gangguan pada :
1. Sistem penyaluran bahan bakar
2. Bagian pengapiannya yang nggak bekerja sempurna.
Penyebabnya biasanya
1. Mesin banjir;
2. spuyer/saluran karburator tersumbat/kotor
3. keran bensin tersumbat/kotor,
4. pengapian terganggu (pake CDI apa pake platina).
SEDIKIT TIPS PERAWATAN
- Periksa bagian bensin apakah masih terisi cukup.
- Buka tutup mesin, kemudian periksa saluran bensin perhatikan apakah jalannya bensin ke karburator tersumbat.
- jika karbu bermasalah "banjir/ngocor" Tutup keran bensin, copot businya.
- Cek Pengapian lewat busi, apakah bagian pemantik apinya bersih, ampelas sedikit bagian kepala busi bila kotor yang biasanya kotoran itu karena tertutupi oli. Kotornya busi itu menyebabkan bunga api lemah atau berwarna merah.
- Bisa juga busi tidak nyala/nggak normal di antaranya karena busi nggak sesuai/rusak,celah busi standarnya sekira 0,6 mm,
kabel busi atau tutup busi sobek-sobek bahkan aus, kondensator atau koil tegangan tingginya rusak (penyetelan pengapian tidak tepat)
beberapa spesifikasi spuyer vespa yang penting kalo oli samping jgn terlalu irit pake aja 2% (maks 1 : 2) berikut pilot-jet(spuyer kecil/spuyer langsam), ini jenis jenis spuyer vespa ::
- 48-160
- 80-140
- 85-140
- 95-160
- 105-160
TIPS-TIPS LAIN
- Ganti oli dan servis mesin setiap 1500 km (kalau ditanya mau diganti pakai oli apa, jawab aja oli yang biasa)
- Selalu cek tali kopling dan tali gigi. Karena pada motor vespa kedua tali inilah yang paling sering bermasalah. Apalagi sampai putus dijalan, repot kalau tidak membawa tali kopling cadangan, (kalau lagi beruntung ada vespa yang berhenti trus ngasih tali kopling). Jika sudah merasakan kendor atau susah dimasukkan ke netral segeralah bawa ke bengkel untuk disetel.
- Kalau vespa susah hidup dan jika hidup lalu mati, selalu cek businya. Dan untuk jaga-jaga bawalah busi cadangan sekitar 1 sampai 2 busi. Dan jangan lupa juga bawa kunci busi untuk membuka businya.
- Jangan memakai oli samping sembarangan. (Oli samping adalah oli yang dicampurkan ke bensin). Jangan pakai oli yang palsu atau gajelas asal usulnya dapat membuat motor turun mesin. Untuk saran aja oli samping yang bagus itu castrol dan Top 1, tapi saya sering makenya evalube.
- Jika knalpot sudah terdengar bunyinya lain, segera ganti atau bobok knalpot oleh yang ahli. Gejala ini biasanya terjadi sekitar 8 bulan. Itu terjadi karena penumpukan oli campur tadi di knalpot.
- Jangan isi bensin sembarangan. Isilah selalu di SPBU.
- Jika rem sudah tidak bekerja lagi, biasanya adalah kanvasnya udah aus atau sudah habis. Harga kanvasnya kisaran 35 rban. Kalau ganti sekalian ganti tali remnya.
Untuk sekedar info aja ::
Vespa saya itu PS. Saya pakai tiap hari untuk berangkat sekolah Depok -
Rawamangun. Alhamdulillah mesin masih sehat sehat selalu.
Setelah saya servis servis segala macem saya ingin kasih info aja buat pengetahuan nih.
Harga harganya ::
- kanvas rem :: 35 rb
- saklar lampu :: 95 rb
- karet shock :: 5 rb
- baut baut :: kisaran seribu sampai 5 rb
- ban dalem :: sekitar 40 rb
- ban luar :: kisaran 140 rb
- lampu 2 :: 15 rb
- lampu 1 :: 3 rb
- handling :: 12 rb
- kran bensin :: 40 rb
- lampu sen satu paket :: 50 rb
- mika lampu sen :: 15 rb
- Lampu belakang satu paket :: 50 rb
- as ayun :: 35 rb
- spuyer :: 10 ribuan
Mungkin ada sesepuh vespa yang lebih tau mohon koreksiannya. Sekian itu aja dari saya semoga bermanfaat.
~SALAM MESIN KANAN~
Comments
Post a Comment