Bagi scooterist pasti sangat lekat dengan kendaraan roda dua yang satu
ini, yakni Vespa. Vespa adalah merek sepeda motor jenis skuter yang
berasal dari Italia. Perusahaan induk dari Vespa, adalah Piaggio. Kita
sudah sering lihat lah pastinya yang namanya vespa, dari yang original
sampai yang sudah dimodifikasi, nah.. modifikasi vespa itu ternyata ada
alirannya lhoh.. mau tahu..? Langsung aja gan..
1. Classic Vintage.
2. Chopper Style.
3. Low Riders. (ceper)
4. Racing Look
5. Ekstrem.
6. Brit Style atau British Style
7. Rat Bikers.
1. Classic Vintage.
Acuan
dari modifkasi ini adalah merestorasi kembali motor Vespa kekondisi
awal. Banyak sekali para scooterist yang menganut aliran ini,
dikarenakan lebih simpel dan mudah dalam pengerjaan, maka modifikasi ini
kerap kali dijadikan acuan dalam membangun motor kesayangannya. Tidak
banyaknya pernak pernik yang menempel pada body motor, kesan apik dan
resik pada sisemok, menjadi tonjolan utama pada modifikasi ini.
2. Chopper Style.
Arahan
modifikasi yang lebih banyak berkiblat pada motor-motor chopper khas
produk Harley Davidson, menjadi acuan utama para penikmat modif ini.
Pemotongan sasis body secara total, pembentukan rangka baru,
pengaplikasian shockbreker motor batangan, penggunaan ban belakang lebih
gembot dari pada depan, jok single seater, perancangan sudut rake yang
dibuat centang dan penggunaan knalpot free flow adalah ciri khas dari
modifikasi ini. Biasanya biaya modif yang dihabiskan untuk membuild up
satu Vespa Chopper hampir sama dengan membeli motor bebek Jepang second.
Selain untuk tampil beda, kebanyakan para penggila modifikasi ini
adalah kaum muda yang ingin tampil berbeda alias out of the box.
3. Low Riders. (ceper)
Modifikasi
Low Riders biasa juga disebut dengan istilah ceper. Tidak mengenal itu
kendaraan roda 4 atau 2, pasti pernah menerapkan modif ini, memang
modifikasi ceper tidak pernah mati. Dalam dunia skuterpun juga bisa
terjangkiti wabah ini, tidak mengenal basic modifnya, bisa saja
menerapkan unsur ceper pada skuternya. Tapi awas hati - hati, jika agan
mengaplikasikan model ceper di vespa kesayangan, hal yang perlu dijauhi
adalah polisi tidur dan jalan yang makadam.
4. Racing Look
Vespa
modifikasi jenis ini tentu saja menjurus ke arah motor racing, kesan
sporti bak pemburu kecepatan, kerap dijadikan rujukan speed freakers
para penggemar skuter. Pemasangan stang trondol, pemangkasan tinggi dan
coak tebeng depan, jok single seater, pengaplikasian perpindahan gigi
model cungkil layaknya motor sport, ber’air scoop, pemakaian knalpot
racing harus wajib, dan kondisi mesin korek habis…jauh dari kata
orisinil standar mesin Vespa.
5. Ekstrem.
Aliran ini yg paling gue suka :v, Arahan
modifikasi yang satu ini benar-benar total berbeda dengan yang lainnya,
sudah tidak mempunyai pakem yang jelas. Kondisi sudah diluar model
standar pabrikan, penambahan atau mungkin malah pembentukan ulang design
dan model dari nol adalan konsep yang biasanya banyak diambil oleh para
penikmati modif ini.
6. Brit Style atau British Style
Pertama
kali dipopulerkan di Negara Victoria. Ciri khasnya adalah terdapat
banyak kaca spion, asesoris lampu, windshield yang tinggi, terdapat besi
behel protektor depan belakang. Vespa dengan modifikasi jenis ini
terlihat lebih maanis serta protektif.
7. Rat Bikers.
Nah yg ini gue demen nih :v, Satu
lagi modifikasi nyleneh bin ajaib, segala macam barang berguna maupun
tidak berguna biasanya nangkring dimotor ini. Pemasangan sespan
abal-abal, pemanjangan sasis tengah, dan kesan dekil nan lusuh adalah
ciri utama dari ubahan Rat Biker pada Vespa. Suara parau kenalpot free
flow yang Cumiakkan telinga kadang menjadi kenikmatan tersendiri bagi si
riders. Segala unsur ketidaknyamanan bagi bikers waras dan terbebas
dari perangkat safety riding dalam berkendara adalah menu wajib bagi
skuter yang terjangkiti aliran ini.
Comments
Post a Comment